Indonesia ada untuk di perjuangkan

 On Sunday, May 4, 2014  

“Indonesia Move On”
Indonesia ada untuk di perjuangkan
Ciek Indonesia galau ya? Kok disuruh move on?
Move on bukan hanya untuk orang yang sedang patah hati, tetapi juga untuk Negara yang sedang dilanda masalah. Masalahnya bukan ada dihati burung garuda, tetapi di hati masyarakatnya. Secara kesehatan, pendidikan, sosial bahkan kemiskinan yang melanda Negara ini. Maka dari itu, Indonesia harus move on. Apalagi sekarang mendekati pemilihan presiden, presiden baru harus semangat baru.
Halo Indonesia, selamat pagi salam kehangatan setiap kehidupan.
Move on, tidak pandang pagi, siang, sore ataupun malam tetapi setiap waktu. Indonesia yang indah dan asri ini sangat disesalkan jika galau, maka tidak akan nampak lagi akan keindahan darah garuda yang mengalir pada penduduknya. Kan tidak lucu jika ada hastag Indonesia galau atau Indonesia akuorapopo, apalagi jika patung burung garuda atau patung bung karno yang gagah tegap berdiri jadi menunduk karena Indonesia galau.
Masalah tidak menjadi salah kalau segera diatasi, begitu banyak permasalahan tetapi sedikit solusi. Ada solusi tetapi tidak bisa terealisasi, salah siapa? Blog, bukan goblok. Banyak blogger yang postingannya membahas tentang masalah yang terjadi di Negara ini, mereka aja move on, tanggap dengan berbagai macam masalah. Tetapi, Indonesia tetap galau tetap tidak bisa move on. Ada yang tau persoalan di Negara ini yang membuat siapa, yang menjawab bukan sekedar menjawab siapa? Ini bukan pekerjaan rumah saja, tetapi pekerjaan rakyat dan seluruh penduduk. Ini ada berbagai masalah atau persoalan yang ada di Indonesia, seperti kesehatan, pendidikan, sosial, dhuafa atau miskinberikut ini penjabarannya;

Sebagian besar dari kita menyadari bahwa kesehatan dapat mempengaruhi hidup kita secara keseluruhan. Kesehatan penting untuk menjalani hubungan dan saling bersosialisasi menunjukkan emosi dan perasaan kita kepada orang lain. Bayangkan jika kita sakit, untuk tersenyumpun terkadang susah apalagi untuk berbicara. Kesehatan bukan masalah yang umum di Indonesia, begitu banyak saudara kita yang meninggal atau yang terkena penyakit yang sampai saat ini belum kunjung sembuh. Mungkin yang kurang sehat bukan penduduknya, bisa jadi Indonesia galau karena sakit. Masak iya pak Suharto datang kemudian ngomong “pye kabare, enak jamanku to”.

Pendidikan di Indonesia terbagi ke dalam tiga jalur utama, yaitu formal, nonformal, dan informal. Pendidikan juga dibagi ke dalam empat jenjang, yaitu anak usia dini, dasar, menengah, dan tinggi. Saat ini, pendidikan di Indonesia diatur melalui Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah, pendidikan tinggi. Nah itu tingkat pendidikan di negera kita, ribet gak? Ya jelas ribet untuk saudara kita yang kurang mampu dari segi ekonomi, kata iwan fals “anak sekecil itu berkelahi dengan waktu”.
Guru atau pendidik di Negara ini banyak, tetapi mengapa kualitas pendidikan di Indonesia masih tergolong rendah? Kemudian, potensi anak Indonesia bisa tergolong luar biasa. Jika seandainya Indonesia mampu mengolah dengan baik, maka pendidikan akan rata, karena pendidikan merupakan warisan yang terbaik buat Negara ini. Kerjasama bukan untuk mereka yang berbisnis, pendidikan juga butuh kerjasama. Keselarasan antara pemerintah dengan guru, guru dengan peserta didik. 

Bersosialisasi merupakan suatu hal yang tanpa batas bagi setiap masyarakat, berbagai kegiatan sosial untuk membuat keamanan dan kenyamanan yang lebih baik untuk memahami masalah dengan beberapa solusi yang membantu mereka untuk kemajuan kehidupan. Dengan menyediakan pelayanan sosial seperti bimbingan, sumbangan, kerja bakti, bantuan dll sebagai wujud dari kegiatan sosial.
Masalah sosial yang sampai pada saat ini merupakan suatu masalah yang tumbuh dalam kehidupan masyarakat, bukan berarti dalam tantanan pemerintahan tidak terganggu dengan kesenjangan atau masalah sosial. Menanggapi masalah sosial yang kurang atau bahkan tidak sesuai dengan nilai atau norma sosial dalam masyarakat tersebut, dengan perkembangan Indonesia seperti saat ini maka bisa jadi memicu terjadinya kesalah pahaman dalam kehidupan sosial. Berbagai macam bentuk budaya yang ada di Indonesia, bisa menjadi faktor terjadinya masalah sosial. Bisa dilihat dari cara setiap komunitas atau masyakat ketika berbicara, berkomunikasi.
Apa harus “adu nyali dan angkat senjata” agar Indonesia move on dengan persoalan sosial? Atau harus mendapatkan musibah dahulu agar Indonesia bersatu?  Untuk mencari solusi terbaik dalam mengatasi suatu masalah sosial dalam masayarakat atau di Negara ini tidaklah mudah, karena apapun solusinya tetap tergantung pada akar permasalahan. Butuh kewibawaan sebagai jiwa yang pemurah tetapi tegas, dan pandai membawa suasana.

Merdeka, seperti hanya simbol hidup saja. Masih pandangan hidup, belum untuk pegangan hidup. Karena masalah kemiskinan sampai saat ini terus-menerus menjadi masalah yang berkepanjangan, dengan peningkatan ekonomi yang tinggi bagi yang memilikinya saja bagi yang kurang mampu tetap saja penurunan ekonomi. “Indonesia kami butuh perhatianmu” tidak harus menjerit seperi itu juga keles karena Indonesia sudah kaya, miskin karena alamnya masih sakit, kurang mendapatkan perhatian seperti pendidikan, setiap lahan kurang akur. Mungkin seperti itu.
Penanggulan kemiskinan seperti menanggul bencana lumpur lapindo yang tak jua ada penyelesaian, ya semoga ada kebijakan yang segera terealisasi. Tipe X pun bernyanyi dengan indah “Indonesia Sayang” menyuruh Negara ini agar bangkit dari setiap permasalahan, agar alam yang kaya ini tidak lagi menjadi beban kemiskinan bagi rakyatnya.
Indonesia, engkau ada untuk diperjuangkan dengan harapan mimpi pendahulu kami. Kami tidak mampu melahirkanmu kembali jika dibandingkan dengan mereka. Hingga kehidupan ini berakhir, engkau tetap Negara kami. Negara yang penuh semangat juang, Negara yang kaya akan kehidupan karena kami ada untuk Indonesia.

Indonesia Move On

Indonesia ada untuk di perjuangkan 4.5 5 nomBlank Sunday, May 4, 2014 “Indonesia Move On” Indonesia ada untuk di perjuangkan Ciek Indonesia galau ya? Kok disuruh move on? Move on bukan hanya untuk ora...


No comments:

Post a Comment